Minggu, 02 Desember 2012

Amankah Galon, Botol, atau barang plastik lain yang anda gunakan?

Saat ini masyarakat haru lebih waspada dan teliti dalam menggunakan produk Galon, Botol dan bahan plastik lain nya. saya terkejut ketika saya membaca sebuah artikel tentang kode plastik yang beredar di pasaran. dan setelah saya coba cek sendiri, ternyata memang benar bahwa tanpa kita sadari, ada beberapa makanan/minuman yang kita konsumsi, tidak dikemas dengan bahan yang aman/sesuai untuk makanan/minuman tersebut.

pada saat saya menuangkan air galon ke dispenser, saya menemukan bahwa galon tersebut tidak berbahan seperti yang sudah ditetapkan oleh BPOM.



Perlu kita ketahui bahwa secara internasional telah diatur kode untuk
kemasan plastik, yang mungkin bagi kita sangat perlu untuk diketahui, karena tanda tersebut berkaitan dengan jenis bahan serta cara dan dampak pemanfaatannya bagi manusia. Kode ini dikeluarkan oleh The Society of Plastic Industry pada tahun 1988 di Amerika Serikat dan diadopsi pula oleh lembaga-lembaga yang mengembangkan sistem kode, seperti ISO (International Organization for Standardization). Secara umum tanda tersebut berada di dasar, berbentuk segi tiga, di dalam segitiga akan terdapat angka, serta nama jenis plastik di bawah segitiga.


Banyak juga gallon air minum yang menggunakan kode "1" dalam segitiga atau biasa di sebut PET/PETE. Plastik yang berjenis PET/PETE sesungguhnya direkomendasikan hanya sekali pakai, kenapa? Bila terlalu sering dipakai, apalagi digunakan untuk menyimpan air hangat apalagi panas, akan mengakibatkan lapisan polimer pada botol tersebut akan meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik (dapat menyebabkan kanker) dalam jangka panjang. Semestinya segera ganti botol/galon yang sudah lama atau terlihat baret-baret.

Jika kita ingat iklan di televisi mengenai air minum mineral yang setelah diminum kemudian diremas-remas / di remukkan kemudian dibuang di tempat sampah, hal tersebut merupakan contoh sebuah pendidikan dan perlindungan konsumen akan dampak-dampak negatif dari botol plastik tersebut.  Jika botol air mineral saja di sarankan untuk sekali pakai, ADA APA DENGAN GALON BER_KODE PET Malah DIMINTA KEMBALIKAN UNTUK DIISI ULANG ?
Kali ini PEMERINTAH & MASYARAKAT SUDAH KECOLONGAN dengan menyebar luasnya galon berkode PET plus adanya tulisan KEMBALIKAN UNTUK DIISI ULANG / RETURN FOR REFILL, jika ini dibiarkan hal ini sama dengan membiarkan ANCAMAN KESEHATAN MASYARAKAT dalam jangka panjang. Jika masalah ini tidak ada perbaikan untuk meningkatkan kualitas galon air minum dengan kode plastik yang lebih aman sesuai dengan standar BPOM yaitu kode plastik 7, seperti yang tertera pada lampiran kode dari BPOM berikut ini.



Semoga Bermanfaat!! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar